Kisah kegagalan dalam berbisnis jamur tiram

Salah satu teman kita ini adalah salah satu petani jamur yang mengalami kerugian dalam berwirausaha jamur tiram.
Simak kisahnyanya.. dan jadikan pelajaran agar kita juga tidak bangkrut seperti dia!


Ini adalah pengalaman pribadi dan pengalaman banyak petani budidaya jamur tiram di Cilacap. Pada jaman dahulu kala.. ( sekitar tahun 2012 ) dengan tekad bulat dan semangat 45 saya mencoba budidaya jamur tiram dengan harapan akan menambah income. Akhirnya saya usaha jamur tiram disela-sela usaha pokok saya yaitu bikin kue dan menjualnya.

Sudah sejak lama banyak budidaya jamur tiram yang bangkrut di Cilacap. Dan kebangkrutan mereka bukanlah karena proses atau cara mereka salah dalam mengurus budidaya jamur. Bahkan mereka sudah melimpahkan seluruh waktunya hanya fokus pada jamur tiram dengan harapan bisa panen jamur melimpah dan sukses budidaya jamur tiram . Penyebab bangkrutnya adalah sebagai berikut:
  • Kalah saing harga dengan pembudidaya jamur tiram dari luar kota. Ada beberapa pembudidaya luar kota Cilacap yang memasukkan hasil panen jamurnya ke pasar-pasar di kota Cilacap dengan harga lebih rendah. Misal dari kota harga kulak adalah Rp 9000,- per kg , maka harga jamur dari petani jamur luar kota Rp 7500, per kg. Tapi ujung-ujungnya petani jamur luar kota BANGKRUT pula hanya sekitar 3 bulan sejak usaha jamur. Kenapa rugi ? Karena tidak balik modal.
  • Panen jamur yang melimpah tidak seimbang dengan permintaan pasar yang tidak terlalu tinggi. Padahal jamur tiram tidak tahan lama. Jamur biasanya dijual dengan berbagai cara dan dengan cara titip jual dibakul-bakul pasar tradisional. Kalo 2 hari jamur belum terjual maka besoknya jamur akan layu dan tidak sedap dipandang. Ujung-ujungnya jamur yang baru panenlah yang akan laku dipasar, sehingga jamur sisa kemarin harus ditarik kembali dari pasar dan dibuang atau dijual dengan harga sangat murah. Mau laba dari mana sebab harga jamur saja tidak cukup untuk membeli baglog jamur lagi ? Bisa jadi pembaca punya ide untuk menyimpan jamur dalam kulkas agar tahan lama. Tapi ketika masa panen jamur tiba jamurmu akan melimpah dan kulkas tidak sanggup menampung banyaknya jamur yang belum laku. Bisa jadi pembaca berniat membuat keripik jamur dan sebagainya. Tentu ini merupakan 1 dilema lagi sebab pembaca harus mengeluarkan modal lagi untuk membeli peralatan baru. Misalnya spinner atau peniris minyak dengan harga 2.5 juta. 
Ini dia kisah saya bergelut diusaha jamur Cilacap dan akhirnya bangkrut bin rugi . Sebelum saya melaksanakan budidaya jamur tiram, saya sudah browsing diinternet dan tergiur dengan tulisan-tulisan mengenai para pengusaha yang sukses budidaya jamur tiram. Apalagi tetangga saya ada yang sudah memulai membuat rumah-rumahan dan mengisinya dengan baglog jamur.

Baca juga :

Kakek tertua penghsil jamur kuping

Manfaatkan baglog bekas anda menjadi penghasil uang

Pekerjaan sampingan yang bisa hasilkan banyak uang

Tapi ada satu hal yang saya lupa sehingga tidak saya lakukan diawal usaha. Yang saya cari di internet adalah kata kunci " sukses budidaya jamur tiram", saya lupa tidak menanyakan pada mbah google mengenai kata kunci 'bangkrut rugi budidaya jamur tiram'. 

Pembaca yang budiman.. Tulisan ini saya buat sebagai pelajaran buat anda yang hendak usaha budidaya jamur tiram maupun usaha lain. Saya tidak mau hal ini terjadi pada pembaca, yang mana kerugian petani jamur akan membekaskan luka yang dalam dihati, membuang-buang waktu dan uangmu. Dan kamu akan menyaksikan dengan pilu rumah jamurmu yang rusak sedikit demi sedikit dimakan usia tanpa kamu mampu membenahinya akibat modalmu menipis tanpa laba sedikitpun. Jika anda ingin berita rugi nya panen jamur yang lain silakan klik Langkah Mudah Penuh Jebakan Bagi Petani jamur Tiram . Link tersebut adalah testimoni penyesalan dari petani jamur di area Semarang .
harga jamur tiram
baglog jamur tiram
Tentu saja rugi nya petani jamur tiram tidak terjadi pada pembuat baglog jamur yang sudah lama berkecimpung dalam usaha pembuatan baglog karena pembeli baglog adalah para petani jamur. Dan pelanggan mereka akan terus bertambah tetapi dengan pelanggan yang berbeda karena pelanggang yang terdahulu sudah mengundurkan diri dari usaha jamur dikarenakan bangkrut . Andapun bisa jadi pengusaha baglog jamur. Anda bisa kursus dulu di pengusaha pembuat baglog jamur , anda harus punya mobil pengangkut baglog. Dan kemungkinan besar anda akan berhasil jika modal anda banyak dan anda ada banyak uang untuk menopang kebutuhan anda selama baglog anda belum ada pelanggan. Tapi apa ini juga menjamin keberhasilan anda ? Tentu tidak, tetangga saya sendiri di Cilacap yang sudah bertahun-tahun usaha baglog jamur tiram akhirnya gulung tikar dan berganti profesi

Comments

Popular posts from this blog

Pekerjaan sampingan yang bisa Hasilkan Banyak Uang

Cara membuat bibit f2 menggunakan media jagung

Manfaat baglog bekas, pria ini menyulap menjadi ladang uang beromset Rp 20.000.000

Cara untuk menjaga kelembaban kumbung jamur tiram

Cara membuat bibit jamur tiram F1 dan F2 mudah dan sederhana

Viral ketik #RAN di komentar FB muncul ular, begini caranya yang benar

Manfaat luar biasa kulit telur untuk tanaman

8 Pesan penjual online shop buat kurir pengiriman ini bikin ngakak

Inspirasi usaha : Meraup untung ratusan juta rupiah dari bisnis sayuran